Antibodi Menurun Setelah Divaksin, Berikut Penjelasan Para Ahli

Antibodi Menurun Setelah Divaksin, Berikut Penjelasan Para Ahli

NEW DELHI – Muncul fakta baru dalam penanganan Covid-19 di India. Antibodi tenaga kesehatan yang sudah menerima vaksin lengkap mengalami penurunan drastis setelah empat bulan menerima dosis pertama.

Dilansir dari JawaPos.com, sebuah studi mengungkapkan temuan tersebut dan dianggap membantu Pemerintah India dalam memutuskan penyediaan vaksin ketiga.

“Setelah enam bulan, kami akan memberitahu anda secara lebih jelas apakah dan kapan vaksin ketiga akan dibutuhkan,” kata Pusat Penelitian Medis Wilayah Sanghamitra Pati yang berbasis di Kota Bhubaneswar,  Selasa (14/9).

Sementara, masih dari JawaPos.com, ilmuwan Inggris bulan lalu mengungkapkan, perlindungan yang didapat dari dua dosis vaksin Pfizer/BioNTech dan AstraZeneca mulai hilang dalam waktu enam bulan.

Sedangkan, studi yang berlangsung di India tersebut, merupakan studi awal yang melibatkan dua vaksin utama yang mereka gunakan, yakni Covishield (versi vaksin AstraZeneca berlisensi) dan Covaxin yang dikembangkan secara lokal.

Berdasarkan keterangan pejabat kesehatan setempat meski mereka sedang mempelajari ilmu yang berkembang mengenai dosis penguat. Tapi, prioritasnya adalah vaksinasi secara lengkap terhadap  944 juta orang dewasa di India. Lebih dari 60 persen penduduk India telah menerima dosis pertama dan 19 persen telah menerima dosis kedua.

Kasus dan kematian Covid-19 di India menurun tajam sejak puncaknya dengan 400.000 lebih kasus yang terjadi pada awal Mei lalu. (*)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: